Kuliner super pedas...hanya untuk menutupi rasa?

     Saat ini banyak sekali rumah makan yang mengiklankan masakannya dengan masakan yang pedasnya nendang banget. Sebut saja "sambal geledek", "oseng oseng mercon" Rica rica setan" dan seabreg sebutan masakan lainnya, yang intinya adalah hidangan masakan yang pedasnya audzubillah. Kuliner seperti ini banyak diburu oleh para penggemar masakan pedas.
     Ya, makannya sambil ber has husss, berkeringat sebiji jagung, keluar air mata karena kepedasan, dan tidak jarang esok harinya akan mejadi langganan ke WC lantaran sakit perut. Namun penggemar kuliner juga gak kapok kapok mencobai masakan super pedas, ini bahkan cenderungingin mencobai rumah makan rumah makan yang mempunyai kekhasan hidangan super pedas ini.
     Namun jika anda betul betul seorang penikmat kuliner sejati, pasti bisa membedakan antara masakan yang lezat namun pedas, dengan masakan yang pedas bahkan super pedas yang hanya untuk menutupi rasa. Ya, banyak sekali rumah makan yang menghidangkan masakan super pedas itu, yang sebenarnya tidak enak, namun ditutupi dengan bumbu yang sangat sangat pedas.

Bumbu itu ya harus seimbang
     Masakan Indonesia apapun, hampir pasti tidak jauh jauh amat dengan bumbu bumbu seperti bawang merah, bawang putih, lada, ketumbar, lombok, tomat dsb. Antara bawang merah, bawang putih, lombok dsb sudah ada kombinasi dan jumlah yang ideal, sehingga menghasilkan cita rasa yang tinggi. Lha kalau jumlah bumbu itu dikurangi, lalu diperbanyak lomboknya, cabenya, lalu ditutupi dengan rasa asin dan rasa gurih dari MSG, maka yang terasa yang itu tadi....... mercon, geledek, setan dan seabreg sebutan untuk hidangan super pedas.

Bahan dasar masakan, pembawa rasa enak
    Bahan apapun untuk masaakan, kalau oseng oseng mercon ya kangkung misalnya, rica rica ayam (daging ayam), rica rica sapi(daging sapi), mangut lele(ikan lele) dsb, maka bahan dasar itu sebenarnya yang akan menjadi pembawa rasa enak. Kalau bumbunya hanya lombok/ cabe, maka yang ada hanya rasa pedas yang nendang, namun gak ada ras enak bahan dasarnya.

Jadi, mari kita sedikit cerdas dalam berburu kuliner, jangan sampai tertipu oleh sebutan macem macem yang intinya hidangan yang super pedas, namun sebenarnya itu hanya sekedar menutupi rasa. Rasa yang terasa dilidah kita hanya pedas melulu, tampa rasa lainnya........

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar