Kalau anak anjing menjadi yatim piatu.......

       Sebenarnya enggak lah yaw....yang mati ibunya, sedang bapak gak tanggung jawab entah kemana. Ya, seekor induk anjing abis melahirkan anak 4 ekor, keesokan harinya wafat, kena eclampsia. Lantas anaknya siapa yang miara?. Memelihara anjing umur sehari itu gampang gampang syusyah. Anjing dan kucing termasuk hewan yang keterikatan dengan induknya kuat, artinya dikala baru lahir sangat tergantung kepada induknya. Lain dengan ayam misalnya, tanpa induknya asal diberi pemanas dsb, bisa hidup. Ayam ras bahkan gak pernah kenal ama maminya.

Yang penting selamatkan dulu
     Ambil dus bekas supermi, bekas akua, lalu dialasi dengan kain, gombal atau handuk bekas. Letakkan para yatim piatu disitu. Semacam inkubator gitulah. Lalu diberi pemanas, bisa berupa lampu listrik kira kira lima watt, atau bisa juga botol yang diisi air panas dan diletakkan dibawah alas kain. Buat si yatim piatu nikmat, hangat dan tenang hidupnya. Kalau pipis atau pub disitu, ya ganti alasnya dengan alas gombal yang kering.
     Sampai dengan usia 1 bulan, mungkin si anak masih diinkubator ini, atau sampai dengan tumbuh bulu dengan lebat. jangan dikeluarkan dulu dari singgasananya.

Beri susu
     Nha, ini yang kadang justru membuat si anak gak selamat dan menysul ibunya kealam baka. Kadang saking semangatnya, tiap jam diberi minum, lama lama kembung atau mencret atau berlanjut ke sakit dan berlanjut ke mati.
     Susu yang dipakai adalah susu sapi. Meskipun ini kurang tepat juga, karena lemak susu anjing kira kira 7%, sedang lemak susu sapi 3,5 - 4 %. Ini bisa diperkaya dengan ditambah kuning telur, minyak ikan, vitamin dsb. Sekarang sudah tersedia susu khusus anjing seperti Dogmilk dsb. Tapi meramu sendiri dari susu sapi akan lebih puas.
     Cara pemberian dengan dot. Mungkin bisa didapat di petshop dot khusus untuk anjing. Atau kalau gak menemukan dot ya bisa pakai tetes, pipet dsb.
     Jumlah susu yang diberikan ini yang kadang gak tepat. Kurang atau malah berlebihan. Sebagai patokan, kira kira :
-  minggu I   : 3,75 cc / 30gram berat badan/ hari
-  minggu II  : 4,5 cc/ 30 gram berat badan/ hari
- minggi III   ;  5 cc/ 30 gram berat badan / hari
- minggu IV  ;  5,5 cc/ 30 gram berat badan/ hari
misalnya si anak anjing beratnya 100gram, maka susu yang diberikan adalah 100/30 x 3,75cc = 12,5 cc/ hari. Pada minggu I, diberi 4-6 kali perhari. Jadi 12,5 dibagi 6 kali, kira kira 2 cc sekali ngedot. Nanti pada umur 2 minggu labih, cukup 3-4 kali perhari. Anak anjing terus diberi susu sampai umur 2-3 bulan.

Memberi makan
     Yang sering terjadi, saking semangatnya, anak anjing diberi susu hapir tiap jam. Lha malah berbahaya. Jadi mencret, lemah lama lama sakit dan fatal. Juga diberi makan lebih dini. Ingat, perut anjing itu belum bisa menerima apa apa selain susu sampai dengan umur 2 minggu. Jadi kalau diberi makanan sebelum usia itu, malah akan terjadi konstipasi atau pencernakan mandek, dsb.
     Lha, nanti kalau udah umur 2 bulan, mulai diperkenalkan dengan makanan. Mulailah dengan dogfood yang dilembekkan dengan dicelup susu. Lama lama dikenalkan dengan makanan anjing lainnya. 

Hanya sekedar sumbang saran aja kepada pecinta hewan, soo.....mari selamatkan si yatim piatu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar