Telur si Love bird gak mau menetas? Ini sebabnya......

     Bila anda penggemar burung love bird, tentu ingin juga suatu saat akan menangkarkannya. Burung love bird itu kalau dipelihara sndirian, sesungguhnya kaciaan, karena di alamnya sono, burung ini termasuk burung komunal, hidupnya rame rame, berkelompok dalam rombongan besar. Tapi walaupun hibdupnya berkelompok, burung ini termasuk burung monogami. Artinya, setia pada pasangannya. Makanya orang menamakan "love bird". Jadi jangan dikira dalam satu rombongan besar terus saman leven, sex bebas kayak ayam, percayalah, burung ini gak mau selingkuh.
       Dari segi suara, burung ini tidak enak suaranya. Hanya sekedar teriakan, gumanan dan cercaan kecil. Tapi dari segi warna, keindahan bulu dsb, maka burung ini menjadi pilihan untuk dipajang. Sekali lagi kalau anda hanya  punya 1 ekor dan dipiara dalam sangkar sendirian, sesungguhnya itu menyalahi kodratnya sebagai burung komunal. Nah, yang paling baik adalah memelihara sepasang, yang berjodoh dalam kandang yang memadai. Selain untuk dipandang, didengar suaranya, bisa juga berkembang biak. Namun untuk pemula, kadang jengkel, kenapa telurnya gak mau netas.

Sangkar dan perlengkapannya
     Biasanya kita membeli sangkar yang udah jadi, ex impor yang harganya kadang lebih murah dari yang lokal. Ukuran kandang ini biasanya 40x60x40 cm. Ini cukup kalau hanya untuk pajangan. Namun kalau untuk penangkaran, luasan segini gak cukup. Perlengkapan sangkar, selain tenggeran, tempat makan dan minum, juga ada kotak tempat bertelur dan tidur dimalam hari. Kotak ini berukuran 20x20x40 cm yang dibagi 2 bilik atas bawah, biasanya yang bawah lebih luas. Nah, burung yang berjodoh, kalau malam akan berduaan tidur didalamnya.

Pakan dan minum
     Makanan love bird hanya terdiri dari 2 macam, yakni biji bijian dan sayur. Bijian berupa milet merah, milet putih, biji rumput, biji bunga matahari dsb. Namun biasanya hanya berupa campuran milet merah, milet putih dan biji rumput. Perbandingannya disesuaikan dengan masa / waktu bertelur, atau waktu lainnya.
     Sayur berupa jagung basah berikut tongkolnya, kangkung dsb. Nah, kangung inilah yang nanti bisa menjadi biang keladi tidak menetasnya si telur.

Masa kawin dan bertelur
       Menjelang masa kawin, biasanya si burung akan rajin membuat sarang. Sarang terdiri dari daun daun kering, bulunya sendiri dsb, diangkuti masuk kedalam sangkar sebagai alas. Makanya kalau terlihat si burung sudah mulai mengangkuti daun daunan, segera sediakan banyak banyak serpihan kulit jagung kering, rumput, daun pisang kering disuwir suwir dll.
     Kemudian tiba masa kawin. Awas kalau lagi kawin jangan diliat. Durasi kawin si burung love bird ini cukup lama (Kayak manusia hehehe). Lalu bertelur. Telur biasanya 2 sampai 4 butir. Lalu mengerami. 21 Hari. Yang mengerami bergantian. Dan ini mesranya si love bird. Yang lagi tidak mengerami akan menyuapi yang lagi mengeram.
      Selama masa mengerami sampai saat menetas, saat sianak masih piyik, jangan sering sering dilihat/dibuka sangkarnya. Biarkan saja sampai si anak tumbuh bulu dan keluar sendiri dari singgasananya. Nah, disini nanti kita akan puas sebagai penangkar.

Lho kok gak menetas?
     Namun bagaimana kalau si buah hati yang kita tunggu tunggu tidak muncul juga? Setelah dilihat/ dibuka sangkarnya, ternyata sitelur busuk gak mau netas. Inilah kesalahan yang sering dilakukan oleh penagkar pemula atau memelihara burung hanya untuk pajangan. Ternyata, alas sangkar untuk mengerami telur dalam kondisi sangat lembab/basah sehingga telur tidak mendapat kehangatan/ panas yang diperlukan untuk berkembang dan menetas.
     Usut punya usut, kesalahannya sederhana sekali. Pada waktu si burung sudah mulai mengangkuti daun daun kering untuk membuat sarang/ alas sangkar, tidak disediakan daun daun kering dalam jumlah yang cukup. Akibatnya karena naluri siburung, ya yang diangkuti daun daun kangkung, gagang kangkung yang basah itu. Akibatnya lagi, alas kandang bukannya kering, namun basah kayak litter, atau alas kandang sapi potong, atau kompos. Nha.....telurpun gak menetas.
Lantas gimana jalan keluarnya? Kuncinyapun sangat sederhana
  • Sediakan bahan alas kandang yang cukup, berlebihan gak papa. Kulit jagung kering atau daun pisang kering yang disuwir suwir, rumput kering atau daun lain yang kering
  • Untuk mencegah agar daun dan tangkai kangkung tidak dibawa masuk kedalam sangkar, maka ada baiknya pada masa ini kalau mau memberi kangkung dicacah saja dan diletakkan dalam satu tempat yang datar di lantai sangkar.
Nah, selamat mencoba jadi penangkar love bird, atau cuma coba coba sebagai pajangan namun menyenangkan. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Knalpotpedia mengatakan...

http://metonggo.blogspot.co.id/2016/02/penyebab-telur-yang-tidak-menetas-pada.html?m=0

Knalpotpedia mengatakan...

http://metonggo.blogspot.co.id/2016/02/penyebab-telur-yang-tidak-menetas-pada.html?m=0

Posting Komentar