jejak peradaban Islam: THE AMAZING ISLAM LEGACY.......

      Jika anda membeli Al Qur'an Cordoba, anda akan mendapat tambahan sebuah buku tipis, cuma 72 halaman, yang berjudul "The Amazing Islam Legacy, menapaki jejak kejayaan Islam". Tipis memang, namun informasi yang ditampilkan cukup menggambarkan perjalanan peradaban Islam. Dan lebih mengedepankan fakta gambar daipada ulasan. Tak seperti "Living Islam" atau "Sejarah Islam"nya Karen Amstrong. Mungkin buku ini disusun untuk melengkapi Al Qur'an Cordoba, yang selain terjemahan, juga ada tafsir lainnya.
      Pada bab 1, kita akan disuguhi peninggalan Rasulullah. Saya sendiri sempat bertanya dalam hati, apa benar ini peninggalan Rasul, seperti rambul Rasulullah, gigi Rasulullah, dsb. JUga persnjataan rasulullah seperti pedang, topi besi dsb. Saya pernah melihat pameran keliling dari kedutaan besar Turki yang memamerkan replika pedang Rasul, dsb, koleksi dari museum di Turki sana. Juga surat Rasulullah yang dikirim kepada raja2 Habasyah, Romawi, Persia dan Mesir, apa benar itu asli, wah aku gak brani suudzon. Anggap aja asli.
     Selanjutnya pada bab 2, kita akan bisa membaca peninggalan2 khulafatur rasyidin dan khalifah sesudahnya. Peninggalan khulafatur rasyidin hanya berupa catatan apa yang telah dikerjakan oleh beliau radhiyallahu 'anhum. Namun untuk khalifah berikutnya, mulai dari Ummayah,  Utsmani, Abbasiyah dst, sudah ada peninggalan otentik seperti koin dirham, dinar dan juga bangunan bangunan. Benteng, Masjid, Menara, Istana, ini semua masih banyak yang tegak sampai sekarang, baik yang masih utuh maupun yang tinggal puing puing. Baik yang sudah direnovasi, alih fungsi dsb, masih bisa dilihat smpai sekarang. Inilah yang bisa dibanggakan dari kejayaan arsitektur Islam.
     Siapa yang tak kenal Istana Al Hambra di Andalusia Spanyol, juga masjid yang tersebar mulai dari Al Haram, Nabawi, Al Aqsa, Quba, Qiblatain dsb. Juga benteng jaman Shalahudin dsb. Ya, memang foto yang ditampilkan adalah foto yang ada sekarang, namun itulah jejak peradaban Islam dimasa kejayaannya dulu.
     Selanjutnya pada bab 3 kita dibawa untuk melihat kota kota yang menjadi pusat peradaban Islam seperti Makkah Al Mukarromah, Madinah Al Munwaroh, kota kota di Irak yang dulu pernah menjadi pusat kekhalifahan Islam (sekarang mah, udah ancur hehehe), lalu Cordoba di Andalusia Spanyol sana, yang sekarang juga udah tidak Islami karena udah direbut kembali oleh yang punya. Juga kota kota Damaskus, Kota kota di Turki dan di Mesir, ini semua adalah jejak jejak kejayaan kekhalifahaan Islam. Bentuk peninggalan Islam seperti masjid, benteng, dsb sudah semakin moderen dn dilestarikan hingga kini, menjadi obeyek wisata. Katakanlah kalau kita berkunjung ke Turki, pasti akan dibawa melihat "masjid biru", Istambul dsb.  Wah, seandainya umat Islam itu bersatu dan kejayaan Islam kembali kepermukaan, entah dalam bentuk apapun, maka wilayah sebaran umat Islam itu mulai dari magribi di Maroko sana, sampai  Bangladesh atau malah sampai asia tenggara .
    Sayang, jangankan daerah seluas itu, lha wong di Palestina aja gak bisa nyatu. Mesir bentrok, Siria bentrok, Iraq ancur ancuran, juga Afganistan, lalu siapa yang ketawa.........

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar