asyik dibaca : THE 100 GREATEST INVENTIONS, Tom Phlibin........

     Buku ini sebenarnya udah terbitan 2010 yl. Tapi baru saya baca, lantaran belinya di pesta buku Gramedia, yang murah. Murah meriah, dengan tebal 416 halaman seharga 10 reboo, pengetahuan kita bertambah, mengisi waktu luang, asyik, cuma ya agak telat gitu.
     Kalau waktu SD dulu kita hanya diperkenalkan Thomas Edison yang menemukan lampu pijar/ bolam, atau Graham Bell yang menemukan telepon, radio ditemukan oleh Marconi, lha penemuan penemuan berikutnya mungkin kita sudah gak tahu. Ada pesawat terbang, tank, komputer, AC, lemari es dsb, kita sudah gak tahu siapa yang pertama kali meneukannya.
     Nah buku ini memuat 100 penemuan didunia ini yang mempengaruhi kehidupan manusia. Berkat penemuan ini, kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Kita bayangkan kalau gak ada mobil, kalau gak ada pesawat terbang, kalau gak ada kapal yang bisa melaju cepat, berapa waktu yang dipakai untuk menempuh jakarta - surabaya? Juga penemuan untuk kepentingan kedokteran, mulai dari mikroskop, termometer, inkubator, CT scan, alat pacu jantung dsb, dampaknya derajat kesehatan meningkat, usia harapan hidup juga meningkat, bahkan banyak orang yang bisa diperpanjang hidupnya karena penemuan penemuan dibudang kedokteran.
     Juga dalam dunia hiburan, mulai dari bioskop, film, kamrena, tape recorder, Video, dsb, eh, mestinya diawali dari gramapon dulu ya.... ini sangat membantu manusia untuk menemukan hiburan.
     Bagi anak muda, kiranya buku ini bisa menjadi pemacu untuk menjadi seorang penemu. Find a new finding. Penemuan itu kadang terjadi secara tidak sengaja. Namun walau tidak sengaja, kalau tidak tahu dsar dasarnya, ya akan berlalu begitu saja. Tapi lebih banyak penemuan yang terjadi karena adanya percobaan ilmiah, atau pengembangan dari penemuan sebelumnya. Mudah mudahan anak muda yang membaca buku ini, terinspirasi oleh penemuan sebelumnya, bisa menjadi seorang inovator, peneliti yang akan menghasilkan penemuan yang berguna bagi kehidupan manusia.
      Memang buku ini hanya membahas penemuan penemuan barang, tehnik, tehnologi yang penting bagi kehidupan manusia. Namun penemuan suatu sistem, tatacara, atau hal hal yang bersifat non benda namun berpengaruh pada kehidupan manusia, tidak dibahas disini.
     Mudah mudahan Tom Philbin akan membuat seri kedua, ketiga dsb yang mengkisahkan penemuan penemuan lainny. Buku ini hanya memuat 100 penemuan saja. Namun, sekali lagi asyik dibaca dan menambah pengetahuan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar