Brongkos kepala kambing, antara Tembarak dan Tempel......

     Ada dua tempat yang sangat terkenal akan masakan brongkos kepala kambingnya. Yang pertama yakni di Tembarak Temanggung dan yang kedua adalah di Tempel atau sekitar jembatan kali Krasak, tepatnya diperbatasan Jawa Tengah dan DIY. Bagi penggemar dan pemburu kuliner pasti tidak akan melewatkan dua tempat ini untuk merasakan sensasinya, sekaligus wisata pedesaan melihat keindahan daerah yang kaya gunung ini. Merapi, Merbabu, Sindoro dan Sumbing.
     Masakan brongkos itu apa to?....Bagi yang sudah kenal ya pasti akan mertasakan lezatnya. Bagi yang belum, mungkin bisa dipertimbangkan, atau bahkan ada satu nama, yakin brongkos, tapi dibeberapa tempat ternyata berbeda. Brongkos kepala kambing dan kaki kambing, dengan bahan dasar kedua yang saya sebutkan tadi. Setalah dibersihkan dan dibelah belah, lalu direbus hingga empuk. Kemudian dibumbui. Bumbu tertdiri dari rempah rempah/ Salam laos, jahe sereh. Lalu ada yang diuleg, brambang, bawang, tumbar/mrica dsb, masing masing orang punya kombinasi bumbu yang berbeda, namun yang khas dan tidak boleh dihilangkan adalah kluwek yang memberi aroma dan warna hitam. Juga lombok, lombok merah atau lombok rawit, banyak atau sedikit, masing orang akan berbeda dan akan menjadi ciri khas pada setiap warung. Banyak warung makan brongkos, tinggal silahkan pilih sesuai selera.

Tembarak, Temanggung
     Dari perempatan BCA, disebelah timur alun alun Temanggung, belok kiri/ keselatan terus lk 10 km, kita akan sampai ke kecamatan Tembarak. Sebelum kecamatan ada pertigaan yang terkenal, yakni pertigaan Menggoro. Nah, disekitar Menggoro inilah banyak warung makan khas masakan brongkos kepala kambing. Ada beberapa warung yang berdiri disini dengan kekhasan masing masing. Silahkan pilih sesuai selera, bila anda bukan pengidap darah tinggi ataupun kolesterol.
     Sepiring nasi putih dengan lauk borngkos kepala dan kaki kambing. Kita tinggal pesan, mau kaki, kepala, lidah, mata, kuping atau otak?. Panas, pedas, segar kehitaman, ditambah suasana pedesaan dan udara gunung, tentu akan membangkitkan selera........

Tempel, Magelang/ Jogja
      Kalau kita berkendaraan Jogja - Magelang, diperbatasan kedua propinsi ini, tepatnya di jembatan kali Krasak. Nah dibawah jembatan ini, awal mulanya brongkos kepala/ kaki kambing. Dari arah Jogja, mengfambil jalan yang kekiri, disamping jembatan yang sekarang, kita akan menjumpai jalan lama. Belok kanan dikit, ada warung makan brongkos yang pertama kali. Disamping brongkos kepala/ kaki kambing, ada banyak pilihan masakan lainnya.
     Kini brongkos Tempel ini sudah menyebar kemana mana. di jalur jalan Jogja - Megelang, sekitar jembatan kali Krasak banyak sekali warung makan brongkos. Silahkan pilih, namun biasanya, warung makan yang laris itulah yang paling enak. Setidaknya perputaran masakannya, jaminan masakan yang selalu baru.
So......mari kita coba. Panas, pedas, segar kehitaman, kenyang, cuma hati hati yang darah tinggi

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar