Bila anjing anda diselingkuhi anjing tetangga

     anda mempunyai anjing? Suka memelihara anjing? Janta atau betina?. Bila anda mempunyai anjing betina, perhatikan masa birahinya. Jika masa birahi datang, maka anjing anda dengan sendirinya akan keluar untuk mencari pejantan, melampiaskan nafsu birahinya. Kalau anjing anda anjing lokal sih, gak masalah. Tapi kalau anjing ras, lalu kawin dengan anjing kampung atau sembarang anjing, bisa bisa keturunannya mintilihirr...
     Anjing betina secara normal akan birahi setiap 6 bulan sekali, atau setahun 2 kali. Jika sehat, maka masa birahi itu akan kentara sekali. Namun kadang terjadi masa birahi yang tidak kentara atau silent heat. Anjing betina yang birahi akan selalu mengibas ngibaskan ekornya bila dipegang, lalu dai alat kelaminnya akan keluar cairan bening, kadang bercampur darah dan berbau untuk menarik perhatian anjing jantan. Baunya ini yang bisa membau ya hanya para anjing jantan. Kalau kamu gak bisa membau! Bisa berabe nanti. Masa birahi akan betrlangsung 7 sampai 10 hari. Pada saat ini anjing sebaiknya dikawinkan, kalau tidak akan mencari pejantan sendiri/ keluar rumah mengembara mencari cinta. Selama masa birahi itu maka ovarium akan mengeluarkan ovum hingga beberapa biji, antara 4 sd 12 biji. Jadi kalau tiap hari kawin dengan pejantan beda beda, bisa bisa anaknya ya beda beda tergantung sperma mana yang mampu membuahi.Sekali lagi, kalau anjing kampung sih gak masalah. Tapi bagaimana kalau anjing anda anjing ras dan anda tidak menghendaki kebuntingan terjadi?
     Ada beberapa cara untuk mencegah kebuntingan pada anjing anda :
  • Bila perkawinan dengan anjing tetangga diketahui waktunya, misalnya tiba tiba lari keluar dan diluar ketemu dengan anjing jantan tetangga, lalu terjadilah hal hal yang diinginkan, maka untuk mencegah kebuntingan, anjing dapat diberi suntikan hormon untuk mencegahnya. Ini dokter hewan yang tahu suntikan hormon apa. Biasanya diberi suntikan oxytocin atau prostaglandin.
  • Bila perkawinan tidak diketahui waktunya, namun masih beberapa minggu, juga kehamilan dapat dicegah dengan suntikan hormon.
  • Bila sudah terlanjur bunting lebih dari 3 bulan, sebaiknya ya tetap diteruskan aja kebuntingannya. Sebab apabila digugurkan, akan berpotensi menimbulkan penyakit pada rahimnya, berupa penimbunan nanah yang lazim disebut pyomtra. Teruskan aja kebuntingannya, nanti kalu udah lahir dan anda tidak menyukainya, dapat diberikan pada orang lain untuk dipelihara.
  • Bila anda tidak sempat untuk mengawasi anjing anda keluar masuk rumah, pergi ketetangga, ngrumpi dengan pejantan tetangga, sedang anda tidak ingin anjing anda bunting, maka anda dapat memberi suntikan pencegahan, atau suntik KB seperti pada orang. Obatnyapun sama, hormonnya sama, hanya dosisnya lebih rendah. Dipasaran, nama patennya Depo Provera. Mestinya suntikan hormon ini diberikan 4 minggu sebelum masa birahi. Jadi setahun 2 kali. Tapi kalau tidak tahu siklus birahinya, biasanya ya hantam kromo disuntik setahun 2 kali dengan tenggang waktu 6 bulan.
Nah, jika anda penggemar anjing, atau mempunyai anjing dan anjing anda pas masa birahi jalan jalan keluar lalu diselingkuhi anjing tetangga, anda tinggal pilih, dibiarkab halim, eh , hamil atau akan dicegah kehalimannya, silahkan diputusin sendiri..........

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Rajo Alam mengatakan...

Kalau cara mengatasi kebuntingan tanpa suntik ada g?

Posting Komentar