Ngabuburit...kuliner universal / takjil seragam....

     Saya ingin bertanya kepada teman dari Sunda, ngabuburit itu kan bahasa sunda. Arti sebenarnya apa?. Nampaknya kini ngabuburit telah menjadi bahasa Indonesia yang dikenal luas dan menjadi istilah yang jamak digunakan menjelang berbuka puasa. Mungkin pada awalnya, ngabuburit itu digunakan sebagai istilah, nongkrong nongkrong menunggu waktu berbuka puasa, sambil menyiapkan takjil berbuka.
     Namun sekarang istilah ngabuburit ini telah dipakai luas tidak hanya ditanah pasundan saja, tetapi mungkin diseluruh Indonesia. Dan mungkin juga artinyapun telah bergeser. Pokoknya ngabuburit itu jualan takjilan disore hari menjelang buka puasa, sambil mejeng. Dimana mana banyak tempat ngabuburit. Hampir semua kota ada tempat ngabuburit. Dan isinya sama, yakni orang jualan makanan takjilan untuk berbuka puasa. Takjilan yang dijualpun umumnya sama, yakni kolak, es buah, jenang, cendhol dan aneka makanan ringan.
 Seragam
     takjil yang dijualpun umumnya sama. dari golongan minuman pembuka seperti es buah, kolak, aneka jus, semua sudah dikemas dalam bungkus plastik. kemudian makanan ringan seperti aneka kue basah, makanan tradisional. Cara menjajakanpun juga seragam. Diatas meja, diatas kap mobil, atau pakai tenda darurat, semua itu menambah semarak gegap gempita bulan romadhon dengan acara baru yang namanya Ngabuburit.
Daya tarik kota
Pemerintah, pedagang, mengambil kesempatan ini untuk menarik perhatian pengunjung. Disuatu kota , ditentukan tempat yang diperbolehkan untuk jualan makanan takjilan ini, tempat tempat untuk ngabuburit, sehingga bisa menjadi daya tairk suatu kota. Di Magelang mungkin seputar alun alun, sore hari banyak dikunjungi masyarakat yang akan membeli takjilan, menunggu waktu berbuka puasa sambil ngabuburit di alun alun, nanti kalau sudah waktunya berbuka puasa, bisa langsung menuju masjid untuk sholat Maghrib. Bahkan bagi yang berkantong cekakpun bisa langsung ke masjid, disana takjilan gratis. Di Jogja, Bulaksumur telah lebih dulu terkenal dengan cewek cewek mahasiswi yang jualan takjilan disepanjang jalan Kaliurang, digelar diatas kap mobil. Wah ini pedagang takjilan dadakan yang mungkin hanya sekedar pengisi waktu.
Sekali lagi, kalau pemerintah daerah pandai menangkap kesempatan, momen ngabuburit ini bisa ditata menjadi daya tarik suatu kota.   

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

tiket mengatakan...

selain itu di jogja spanjang jlan jg psti bnyak yg berjualan takjil...
UII jakal jg rame..

wisnumgl center mengatakan...

ya, makasih infonya, makasih komentnya.....makanya, kuliner takjil menjelang buka puasa itu seragam, diman mana ada......

Posting Komentar