Bakso uleg Temanggung.....satu lagi kuliner khas

     Bicara tentang bakso, ya begitu itu rasanya. Yang membikin khas kalau ada improvisasi, variasi dan cara menghidangkan. Yang jelas bakso itu terbuat dari daging giling, dicampur tepung gandum dam bumbu rempah rempah. Perbandingan antara daging dan tepung serta variasi bumbu, akan menetukan kwalitas dan kekhasan bakso yang dibuat. Setelah dicampur merata, lalu dicetak bulat dan direbus hingga matang. Baksopun siap dihidangkan.
     Variasinya bisa pada dagingnya, misalnya ada bakso urat, bakso tetelan atau bakso daging full. Dewasa ini ada juga bakso jamur dsb. Bentuk bakso juga bisa menjadi variasi dan kekhasan. Yang konvensional ya bentuknya bulat. Namun sekarang ada yang dibentuk kotak, dsb, sekedar untuk membuat khas. Ada juga bakso yang didalamnya diisi telur puyuh sehingga bentuknya besar.
     Kelangkapan dalam menghidangkan bakso, biasanya ditemani dengan mie, mihun. Lalu ada kelengkapan yang menjadi kekhasan seperti pangsit, tahu, telur, sayur, dsb. Mienyapun juga bisa menjadi kekhasan seperti mie kriting, mie sayur, mihun, mie yang digulung bulat dsb. Pelengkapnya biasanya berupa sambal, kecap dan saus.
     Nah, untuk bakso uleg khas Temanggung ini dimana letak khasnya?. Baksonya biasa saja, yakni bulat bulat dan agak kenyal, pertanda perbandingan daging cukup banyak. Biar tetap kenyal, maka bakso temanggung ini tidak direndam dalam kuah yang direbus, tapi disisihkan, Kemudian menghidangkannya tidak dengan mie atau mihun, tapi dengan ketupat.
     Lalu kenapa disebut bakso uleg?. Nah ini dia. Pada waktu kita pesan bakso, oleh penjual akan ditanya :"Lomboknya berapa?" Tergantung selera kita, ingin pedas, agak pedas atau pedas sekali. Kalau kita menyebut lomboknya dua, maka oleh penjual akan diulegkan dua lombok dimangkok (biasanya yang dipakai adalah lombok rawit hijau), lalu ditambah ketupat yang sudah dipotong potong, bakso yang kenyal, irisan seledri dan bawang goreng, baru disiram kuah bakso. Dihidangkan panas panas. Panas, pedas, kenyal, sedap dan gurih, inilah khasnya bakso uleg Temanggung.
     Bakso khas Temanggung ini digemari oleh masyarakat Temanggung, Magelang dan sekitarnya. Sehingga bila anda ingin mencicipi, warung bakso khas Temanggung mudah dijumpai di Temanggung, Magelang dan sekitarnya. Ya, mungkin bagi penggemar bakso ini hanya sekedar variasi rasa, cara menghidangkan dan kekhasan suatu daerah. Mungkin juga didaerah anda ada bakso yang khas?.......selamat mencoba.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar