gimana menyiukapi pengurangan BBM bersdubsidi

pemerintah berketetapan hati untuk mengurangi subsidi BBM nanti pada april 2012. ya memang sudah seharusnya, karena kalau tidak begitu maka subsidi BBM di APBN akan membengkak entah jadi berapa ratus triliun. masyarakatpun perlu sadar akan seberapa kemampuan pemerintah, yang pada akhirnya masyarakat itu sendiri harus merubah sikap bagaimana untuk bisa menghemat BBM

nanti pada april 2012, kendaraan plat item dilarang menggunakan premium dan harus menggunakan pertamax. mari kita sambut dsan sikapi rencana pemerintah itu dengan lebih bijak, jangan cuma menentang, menghujat dan menyalahkan pemerintah. sebenarnya harus disadari bahwa kita dalam menggunakan BBM itu kurang bijak dan cenderung boros. kita pasti akan lebih memilih kendaraan pribadi dari pada angkutan umum. ini akan mengakibatkan penggunaan BBM boros dasn tidak efisien, juga akan menimbulkan kemacetan dijalanan.

namun langkah pemerintah ini juga harus diimbangi dengan pembenahan angkutan umum, angkutan masal sehingga masyarakat akan dengan senang hati mau beralih menggunakan angkutan umum. Diakui atau tidak, angkutan umum saat ini memang benul benul amburadul. sudah kendaraannya jelek, rusak, emisinya tinggi, suka ngetem, jamnya gak pernah tepat, banyak copet, banyak pengamen, pendek kata gak nyamanlah. Maka jangan disalahkan kalau masyarakat akhirnya lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi.
penggunaan kendaraan pribadi juga harus ada aturannya. sekarang orang mau beli mobil, mau beli motor, aturannya saangat mudah. semua orang bisa beli, dengan atau tanpa uang muka, kita tinggal datang ke show room, penuhi persyaratan, pulang bisa bawa kendaraan.  selama tahun 2011, data mencatat 8,4 juta kendaraan roda dua dan 700.000 kendaraan roda empat terjual. bayangkan berapa tambahan subsidi BBM dibutuhkan, berapa kemacetan jalan bertambah setiap tahun.
memiliki kendaraan pribadi memang hak setiap orang, tidak bisa dibatasi, tidak bisa dicegah. namun mestinya pemerintah menetapkan regulasi atau prasyarat kalau masyarakat ingin memiliki kendaraan pribadi. contoh yang paling gamblang aja, diluar negeri, orang akan membeli kendaraan roda empat, syaratnya harus punya garasi. lha kalau di negara kita, syarat ini tidak berlaku. akhirnya ya kita lihat aja, kalau malam, disepanjang jalan perkampungan pada berderet kendaraan roda empat karena umumnya mereka tidak punya garasi. kita mau lewat jalan di perkampungan aja susah karena satu sisi dipakai parkir.
jjadi mestinya pemerintah segera mengambil langkah, menyambut pembatasan subsidi BBM sekaligus mengatasi kemacetan lalu lintas yang semakin lama semakin parah ini.

  1. segera benahi angkutan umum agar masyarakat dengan senang hati mau beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan umum atau transportasi masal. aturan, kondisi fisik kendaraan umum dan manajemennya harus segera dibenahi.
  2. tetapkan prasyarat kepemilikan kendaraan bermotor. setidaknya : punya kendaraan, harus punya garasi. dilarang parkir, atau menyimpan kendaraan dijalanan.
  3. masyarakat sendiri juga harus merubah perilakunya. jangan boros BBM. menggunakan kendaraan hanya kalau perlu saja dan lebih mengutamakan menggunakan angkutan umum. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar